Posted by: bowbee | July 27, 2008

Advance RPG Games

Kalian suka main game? Aku sangat suka sekali.

Ada banyak tipe dan jenis game. Bila kita berbicara genre game, aku akan membicarakan satu genre disini, yaitu Role Playing Games. Role Playing Games seperti namanya (Role Play) adalah suatu tipe game dimana kita mengendalikan peran satu atau beberapa karakter yang akan terus berkembang sejalan permainan, perkembangan ini baik dari sisi kekuatan dari karakter tersebut, emosi dan mental karakter maupun dari sisi lingkungan karakter. Kita berperan sebagai karakter dalam game, berinteraksi dalam suatu dunia fiksi, dan terlibat dalam suatu permasalahan yang terdapat didalamnya. Permainan RPG menitikberatkan pada storyline. Cerita adalah bagian tidak terpisahkan dari RPG. Jadi banyak game-game RPG kebanyakan tidak terlalu bisa dinikmati secara penuh oleh anak-anak (murid SD misalnya) karena cerita yang disuguhkan tergolong berat. Ya, seperti itulah aku bisa mendeskripsikan sedikit tentang apa RPG itu, walau tidak terlalu bagus dalam pendeskripsiannya. (Maklum, bukan penulis ensiklopedi…)

Apa gunanya bermain game RPG? Well, seperti yang aku jelaskan tadi, RPG sarat akan cerita. Jadi, bisa dibilang bermain RPG adalah seperti membaca novel. Bedanya, di RPG, kita tidak hanya dituntut untuk menggunakan indera penglihatan kita, namun juga perasa (memencet tombol) dan pendengaran (mendengar suara karakter, musik di game, sound effect dan lain-lain.).

Bermain game RPG memiliki efek yang sama besar dengan membaca novel. Mendapatkan makna, meresapi nilai yang terkandung, hubungan antar manusia sosial, pengkhianatan, cinta, persahabatan, motivasi, dan banyak hal bisa ditemukan di RPG, sama dengan apa yang bisa ditemukan di novel.

Kesetiakawanan, teamwork, persahabatan, dan cinta merupakan tema umum yang biasa ada di RPG

Cerita di game-game RPG tidak bisa diremehkan begitu saja. Banyak diantaranya merupakan karya dari penulis-penulis handal. Tidak ada game RPG yang ditulis ceritanya oleh penulis kacangan, karena tiap-tiap game RPG selalu diteliti dan dinilai aspek storylinenya sebelum dibuat, sehigga dari segi komersial, RPG akan bisa laku di pasaran.

Jika kalian adalah penikmat novel, tidak ada salahnya juga mencoba game RPG. Nikmati story yang ditawarkan oleh gamenya. Resapi maknanya. Pasti banyak nilai-nilai dan hal-hal baik yang bisa kalian ambil disana. Coba dan rasakan.

Disini aku akan bagi game-game RPG milik handheld Gameboy Advance (GBA). Kalian tidak perlu memainkannya di handheld itu, karena aku juga sediakan emulator untuk memainkan game itu di komputer. Untuk kalian yang mementingkan grafik, lupakan hal itu. Game di GBA memiliki grafik di GBA yang mungkin bagi kalian akan kurang menarik (walau bagiku gambar 2D di GBA itu cukup bagus). Disini aku sertakan juga screenshot dari game yang akan aku bagikan. Game-game disini lebih dikhususkan untuk mereka yang merupakan penikmat cerita.

Emulator GBA untuk memainkan game-gamenya bisa didownload disini:

http://www.ziddu.com/download/1766648/VisualBoyAdvance.zip.html

Game-game RPG GBA yag memiliki cerita yang menarik, mendalam dan terkadang kompleks bisa didownload disini: (aku fokus Final Fantasy dulu. Game GBA lain menyusul..)

-Final Fantasy Advance I &II-

Klik disini untuk download FF 1&2

-Final Fantasy IV-

klik disini untuk download FF IV

-Final Fantasy V-

klik disini untuk download FF V

-Final Fantasy VI-

SEGERA

-Final Fantasy Tactics Advance-

Klik disini untuk download FFTA

Advertisements

Responses

  1. Wah – wah gamer juga nih,

    Hati -hati loh kk, diriku juga tadinya nyediain link download kayak disini, tapi sekarang jadi ngak berani setelah keluar UUITE

    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Sebenarnya aku ngeri juga seh.. tapi ini masih ringan kok. Toh gamenya udah lama-lama (beberapa) jadi ga terlalu masalah. Kalo game anyar (Setingkat DS) itu baru masalah.

  2. Dah basi kk… klo ada yang baru plz kontak fs aq di salam_knight@plasa.com

    Game GBA emang udah basi… Apalagi RPGnya.. Paling baru mungkin cuma Yggdra Union. Kalo mau ga basi aku ada game NDS. Mau? Tapi harus ada handheld/emulatornya seh… πŸ˜€

  3. kira-kira spesifikasi minimumnya apa sih? apa perlu joystick?

    Nope. Just download the emulator n games, start the emulator and use your keyboard… That’s it!

  4. ada yang tau dimana download game-game kayak zoid saga1, zoid saga 2, super robot taisen advance & reversal & destiny & original generation 1 &2 yang pake bahasa ingris indonesia atau jawa? susah ngikutin cerita kalo pake bahasa jepang

    Hmmm… Kayanya game2 itu susah ya cari bahasa inggrisnya.. klo mngenai bahasa indo n jawa, mungkin bisa diedit ndiri ya pake language Editor game GBA.. Tapi bakal susah tuh πŸ˜€

  5. gw cm mo sharing link neeh.kalo mo pada download game GBA linknya:www.coolrom.com

    Mantap. thx sharingny ^^

  6. semua yang u tampilin udah tamat….
    final fantasy menurut gw kurang menantang..
    coba deh main golden sun sama golden sun 2 the lost age….
    itu lebih menantang… lebih pusing…. battle nya juga lebih variatif… terus exploring2 dungeon nya juga sangat menantang dan halangan nya gk cuma monster tapi puzzle dan banyak teka teki nya..
    menurut gw game rpg kalo gk muter otak gak rame

    Beberapa Game Pertama GBA yang kutamatin tuh Golden Sun ma Golden Sun 2.. Gak perlu dijelasin panjang lebar jg aku dah tahu bgt kok. πŸ™‚
    Btw thanks pendapatny, tapi yg perlu kmu inget, gak semua orang sependapat ma kmu.. πŸ™‚

  7. Bang, FF III nya mana? Kok lewat?

    FF III nggak dirilis bwt GBA.. bisa cek di Gamefaqs.com. πŸ™‚

  8. bner2.. yg menantang tuh golden suns th 1 am 2..
    tp skg da ga maen rpg d gba agi.. pindah haluan k ds.. ^^
    trus ada lag game gba yg rame
    Kingdom hearts
    Riviera
    th 2 game yg gw saranin d maenin d konsol gba llu pada dijamin ga bosen hheu

  9. wah si om-nya suka game RPG juga toh?? suka game online juga gak? btw kk pernah make RPG maker xp? atau jgn2 udah expert nih heheh

  10. wah game2 yang pernah aku tamatin di ps1

    seneng rasanya inget lagi huhuhuhuhuhuhu

    thanks——-

    http://www.travian.co.id/?uc=idx_89792&signup———-yoyo

    Iya sama2… Wah maen Travian ya? Maaf saya dah lama berhenti maen game itu ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: