Posted by: bowbee | August 14, 2008

Ada Apa dengan Pendaftaran Brawijaya?


Ini hanya sebuah tulisan tentang hal yang sudah banyak ada, ditulis oleh berbagai individu sebagai tulisan-tulisan personal mereka. Mungkin diajukan namun tidak digubris. Mungkin dibaca oleh yang bersangkutan namun kemudian tutup mata. Dan mungkin disuarakan namun tidak membuat dengung… Tulisan-tulisan yang hanya bisa ditanggapi dengan ‘turut prihatin’ atau ‘keterlaluan’, namun tidak bisa menimbulkan suatu perubahan pasti.

Post kali ini adalah sebuah tulisan tentang seorang anak yang mengalami kekecewaan kepada sistem pendaftaran suatu universitas bernama Universitas Brawijaya yang ada di Malang.

Pertama-tama, biar saya jelaskan dulu bahwa Universitas Brawijaya (UB) sudah menerapkan sistem online registration. Semua hal tentang pendaftaran *seharusnya* bisa dilihat di websitenya. Semua *seharusnya* tercantum komplit. Bahkan ketika kita telepon ke bagian informasi untuk menanyakan sesuatu tentang pendaftaran, malah disuruhnya lihat ke internet (Oke, mungkin tidak semua bagian public relation UB seperti ini, namun saat itu iya.) Ini sangat menegaskan bahwa website UB *seharusnya* komplit dan sangat dapat diandalkan.

Kendala pertama muncul ketika kita akan akses webnya. Oke, halaman pertama terbuka. Tapi ketika kita ingin melihat halaman pengumuman seperti ini << klik disitu. Susahnya bukan main. Mungkin ada yang bisa buka, tapi banyak juga yang ga bisa. Lah, terus gimana?

UB sebagai pelaku utama seharusnya lebih memperhitungkan masalah bandwidth dan segala hal didalamnya. Ingat Mahasiswa UB itu banyak banget. Tidak hanya MaBa (Mahasiswa Baru) yang akses, tapi mahasiswa lama atau orang luar pun ikut mengakses untuk melihat pengumuman. Melihat berapa banyak jumlah yang keterima, melihat apakah saudara/kerabat/teman/pacarnya keterima, melihat seperti apa sistem pendaftarannya sekarang, dan alasan-alasan lain membuat orang-orang banyak mengakses website. Kalo website ga bisa dibuka terus bagaimana nasib mahasiswa baru?

Saya sebagai orang yang terkena masalah ini juga dengan sangat terpaksa membuka halaman pengumuman untuk tahun 2007. Itupun inisiatif cari-cari di google. Saya mengikuti pengumuman yang tertera disana. Toh paling sama saja. Paling juga pengumuman 2008 itu copy-paste dari 2007 (ini hanyalah praduga).

Satu kritikan untuk UB yang berani mengambil langkah online registration, seharusnya dengan adanya sistem online, MaBa tidak perlu lagi mengisi lagi formulir secara manual. Tadi saya diberikan suatu kertas berjudul ‘Biodata Mahasiswa’. Lah, ini kan sudah diisikan secara online? Kenapa harus diisi lagi secara manual? Kalo udah online seharusnya ya online saja… Kalo butuh 2 data, jangan menyuruh mahasiswa nulis lagi.. Kan tinggal copy-paste dari data awal? Apakah pihak UB tidak ada pikiran untuk melakukan copy-paste data? Ataukah antara pihak penyelenggara online registration dan pendaftaran di lapangan belum ada kecocokan? Belum synchron? Kalo gitu ya jangan diadakan dulu! Bukannya saya males nulis. Nggak. Saya suka menulis dan pekerjaan saya sehari-hari menulis, tapi apalah arti realisasi sebuah media online kalau tidak dimaksimalkan?

Itu baru masalah website bagian pengumuman yang buat dibuka susahnya minta ampun dan masalah pengisian formulir. Masalah-masalah lain masih banyak, Dan itu semua tidak tercantum di website. Namun itu semua baru bisa saya ceritakan setelah website brawijaya bagian pendaftaran dan pengumuman ini bisa saya buka. Sampai saat ini masih sulit sekali dibuka!

————————————————-

11:57. Midnight…

Oke, udah bisa dibuka. Emang kalo malem jumlah aksesnya dikit sih…Berikut saya copy paste pengumumannya…

Diumumkan kepada calon mahasiswa baru S-1 Universitas Brawijaya yang diterima melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2008/2009 untuk melaksanakan daftar ulang sebagai berikut :

  1. Membayar Biaya Pendidikan di BANK MANDIRI seluruh Indonesia secara on-line dengan menunjukkan Kartu Test SNMPTN mulai tanggal 4 s/d 19 Agustus 2008 (call center Bank Mandiri : 14000 atau 021-52997777), besarnya biaya pendidikan dapat dilihat pada website http://brawijaya.ac.id/id/3_admission/maba.terima_SNMPTN.php
  2. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database Universitas Brawijaya.
  3. Melakukan Registrasi on-line melalui http://siakad.brawijaya.ac.id/siam dengan cara :
    1. Lakukan pencarian NIM mahasiswa baru dengan cara Klik INFO NIM (klik DI SINI untuk INFO NIM mahasiswa baru) ยป Masukkan No. Test Saudara dan tanggal pembayaran biaya pendidikan di Bank Mandiri ยป Silahkan menyelesaikan pertanyaan berikut (MathGuard) ยป Cari.
    2. Hasil pencarian akan keluar NIM, Kode Aktivasi, Nama dan Program Studi.
    3. Gunakan NIM sebagai username dan Kode Aktivasi sebagai password untuk login pengisian biodata mahasiswa baru secara online melalui layanan SIAM (http://siakad.brawijaya.ac.id/siam).
  4. Jika belum melengkapi biodata, maka dianggap belum melakukan Registrasi.
  5. Setelah mengisi biodata simpan dan CETAK SURAT PERNYATAAN sebanyak 2X dan CETAK TANDA BUKTI registrasi sebanyak 2X serta diserahkan ke Fakultas masing-masing Kampus Universitas Brawijaya Jalan Veteran Malang antara tanggal 11 s/d 19 Agustus 2008 pukul 08.00 s/d 15.00 WIB. beserta kelengkapan registrasi yaitu :
    1. Menunjukkan STTB, Raport, Surat Tanda Kelulusan / SKHU dan Akte Kelahiran asli serta menyerahkan foto kopinya masing-masing 1 lembar.
    2. Menyerahkan 4 (empat) lembar pas foto hitam-putih ukuran 3×4 cm.
    3. Menyerahkan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2008.
    4. Menyerahkan foto copy bukti pembayaran biaya pendidikan dari Bank Mandiri sebanyak 4 (empat) lembar.
    5. Menyerahkan slip gaji/bukti rincian penghasilan ayah dan ibu masing-masing 1 lembar. (*)
    6. Menyerahkan foto copy Kartu Susunan Keluarga ( KSK ) 1 lembar.
    7. Menyerahkan copy bukti pembayaran rekening listrik, PDAM, PBB dan telepon rumah atas nama orang tua pada bulan terakhir (Juni/Juli) masing-masing 1 lembar. (*)
    8. Menunjukkan Surat Kewarganegaraan asli bagi Warga Negara Indonesia keturunan asing dan menyerahkan foto kopinya 1 lembar.
    9. Menunjukkan Surat Ijin Belajar asli dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi DEPDIKNAS bagi warga negara asing dan menyerahkan foto kopinya 1 lembar.
    10. Menyerahkan surat hasil pemeriksaan kesehatan dari Poliklinik Universitas Brawijaya bagi fakultas yang mensyaratkan mulai tanggal 11 s/d 19 Agustus 2008.

————————————————–

Disini akan saya jabarkan satu persatu hal yang membuat saya lumayan kecewa dengan Brawijaya.

1. Membayar biaya pendidikan secara online dengan menunjukkan kartu tes… Lah? emang bisa ya online sambil nunjukin kartu tes? apa harus di scan kartunya? Saya telpon Call Centernya, katanya untuk membayar biaya UB harus memiliki rekening di Mandiri. Kalo ga punya, satu-satunya cara adalah membayar ke Mandiri cabang WH. Dimanapun anda berada, jika tidak punya rekening bank Mandiri, harus bayar ke Bank Mandiri cabang WH… Ini sama sekali tidak dijelaskan di website… Bagaimana dengan para MaBa yang sudah terlanjur pergi ke Bank Mandiri cabang lain?

2. Hal menyebalkan kedua, tentang tes kesehatan. Pertama perhatikan gambar diagram ini. Disitu terlihat jelas bahwa tes kesehatan dilakukan SETELAH kita datang ke fakultas dan menyusun kelengkapan daftar ulang. Tapi apa kenyataan di lapangan? Saya datang ke fakultas dengan membawa seluruh berkas registrasi komplit, eh, orang yang menjaga malah bilang, “sudah tes kesehatan? Kalo belum tes kesehatan dulu, nanti kertas buktinya dibawa sini.” Lah? Kok melenceng dari diagram? Padahal tes kesehatannya nggak bisa dibilang dekat. Tahu gini mending tes dulu baru ke fakultas…

Saya masih beruntung, transportasi bisa bareng temen, tapi saya prihatin melihat wajah-wajah anak lain yang terlihat shock campur sedih waktu dibilangin kaya gitu. Soalnya banyak mereka-mereka yang ke fakultas naik mikrolet dan jalan kaki…

3. Menyerahkan 4 pas foto hitam putih ukuran 3X4. Nyatanya? Ada tambahan syarat… 1 pas foto 4X6! Saya sudah tes kesehatan, trus menyerahkan kertas bukti. Setelah itu saya diberi beberapa formulir tambahan yang harus diisi. Saya melihat di salah satu formulir, tajuknya ‘Biodata Mahasiswa’ ada kotak kosong dengan tulisan ‘foto 4X6’. Lah? kenapa ini nggak dijelaskan dalam pengumuman di Internet? Jelas bakal banyak MaBa yang tidak membawa foto ukuran 4X6. Lha memang nggak ada di pengumuman!

4. Hal menyebalkan lain, yang menyebabkan saya tidak jadi menyerahkan berkas hari itu adalah karena ada kertas yang harus difotokopi. Di formulir yang saya terima setelah menyerahkan bukti pembayaran, ada kertas tentang SKS. Orang yang menyerahkan itu bilang, “Kertas itu difotokopi 3 kali, lalu minta penjelasan ke bagian informasi MaBa, ke senior disana. Formulir itu dilengkapi, terus dikumpulkan di ruang sebelah.”. Oke, ini berarti saya harus foto kopi kertas SKS dulu agar bisa menerima penjelasan, dan saya harus membawa foto 4X6 dulu agar bisa mengumpulkan berkas… Saya tidak tahu tempat foto kopi yang dekat dari lokasi itu, dan 10 menit lagi pendaftaran tutup (jam 3 tepat). Akhirnya saya putuskan pending…

Entahlah hal lain apalagi yang bakal aku hadapi… Yang pasti akan kuupdate disini.

——————————————

Wih, kalo udah nulis soal beginian, tanpa terasa kata ganti orang pertama yang biasa aku gunakan, yaitu ‘aku’, langsung ganti ke ‘saya’…

Responses

  1. kayak dibuat susah ya!
    wekekekekeke!

    Iya… Tapi gpp deh, dibuat santai aja..

  2. aku ga kuliah mas jadi ga tahu deh ๐Ÿ™‚

    Ya maka dari itu agar tahu saya informasikan disini ๐Ÿ˜€

  3. masih susah bukanya, bob?
    aku lagi browsing nih.
    apa karena bukanya malam atau internetnya emang gak masalah, lancar aja tuh.

    yang sabar ya, bob?
    ini baru tahap awal.
    ntar kalau udah jadi mahasiswa, lebih banyak lagi tantangannya.
    selamat jadi mahasiswa baru deh.
    btw, kamu masuk apa?

    *updated* akhirnya bisa… Iya mbak, kalo malem bisa.
    Iya, saya coba take it easy. Saya masuk Pangan. (Teknologi Hasil Pertanian)

  4. Sepertinya Brawijaya mau menerapkan sistem online tapi belum siap dengan segala hal.
    Tapi seperti biasa begitulah di Indonesia, belum siap 100% udah launching produk, yang penting prinsipnya gimana nanti aja di lapangan…. kepentok sana kepentok sini, hajar terusss….

    Ya. Bunda bener banget… Banyak kasus-kasus seperti ini di Indonesia… Mudah-mudahan bisa introspeksi dan berubah menjadi lebih baik ke depannya…

  5. wih saaken koen bow yo wis tapi semangat ae sebagai mahasiswa teknik hasil pertanian memang Indonesia mulai jaman bien lek dikongkon maju jalan di tempat ae nanti belum masih ada ospek2 yang konyol iku

    Yea, aku harus bertahan. Masih banyak orang yang kucintai, teman, saudara, keluarga, dll yang bisa support aku dan beri aku kekuatan untuk terus semangat *cieh*.

    btw koen ga pingin gawe blog ta Fin? Kok pake blog kelompok TI sekolah jaman biyen… ngeblog ae wis! Menyenangkan lho!

  6. harusnya di update tuch informasinya biar nda bikin bingung maba & mahasiwa,klu banyak yg buka emang susah aterutama pagi dan siang naah menjelang mlm dan dini hari baru lancar tapi masa seeh harus menunggu sebegitu lama:(
    hmmm..ternyata ada kelebihan dan kekurangannya ya mendaftar dg cara online,perlu dikaji ulang maybe:)

    HARUS dikaji ulang… Tapi kalo ga ada/ dikit yang protes, mereka ga bakal gubris… Mereka bakal ngerasa sistemnya dah baik, soalnya MaBa jarang yang protes… (padahal tu ga protes soalnya capek ngabis2in tenaga yang udah habis gara-gara sistem)

  7. wahh.. kayakna emang yg mudah dibuat sulit

    but, tetep semangat broth!!! ๐Ÿ™‚

    MERDEKA!!!!!

    Oke! MERDEKA!!! Hiiiduupplaaahhhh indonesiaaa rayaaaaaaaa….. *malah nyanyi*

  8. mau masuk fakultas apa sih mas?

    Fakultas Teknologi Pertanian… Mendalami ilmu olah makanan

  9. Ada Dosen UMM yang heran kenapa Ponakan sayah yang seyogyanya di Kedokteran Brawijaya…nggak lulus tes. Padahal dari semua nilainyah melebihi standart. Gila banget nggak sih?
    Akhirnya Ponakan saya ke farmasinya UMM huhuhu ๐Ÿ˜ฆ swedihnyahhh…

    eh, btw, met wiken and MERDEKAAAAAAA!! :p

    Nah, kedokteran Brawijaya tu ada sesuatunya… Sesuatu itu adalah UANG. Masuk biasa 135 juta. Kalo masuk jalur lain, harus diatas 400 juta baru bisa DIPERTIMBANGKAN… Ini informasi langsung dari orang dalam dan juga ibu2 yang bingung setelah tahu kenyataan pahitnya…

  10. sepertinya sistem informasi pendaftarannya yg agak ribet ๐Ÿ˜€

    Yap. Itunya. Repot banget dahhhh..

  11. Maaaaaakkk
    rumit bangeeeet…
    jangan sampe stress trus niru Ryan yaw.. huehehehe

    Ryan? Hmm… Gimana kalo kamu sebagai korban pertama? ๐Ÿ˜€

  12. nti saya kuliah dimana lagi ya?

    Ga usah kuliah de mas, kerja aja di Unibraw, benahin sistem ITnya yg kurang baik ๐Ÿ™‚

  13. benar2 mahasiswa cerdas kau sobat
    mahasiswa yang kritis

    salam sukses ๐Ÿ™‚

    Wah, jadi malu dibilang seperti itu… Saya nggak kritis kok, cuman nulis apa yang ada di benak aja…

  14. ada-ada saja yach ๐Ÿ™‚

    Yeah… Bikin capek… ๐Ÿ™‚

  15. weh weh weh, gak propesional buanget yak. sama tuh kaya website salah satu pemda, gak bisa diakses gara2 bandwithnya tekor

    masa si gak mampu nyewa hostingan yang keren, judulnya pemerinath daerah gitu loh

    duitnya dikorupsi ? meneketehe, hehe …

    Iya… Bikin repot para pengakses… Kalo masalah website pemda itu parah banget tu… masa E-mailnya aja palsu?

  16. beginilah unek2 maba..
    seinget sy dulu, waktu pendaftaran ga ribet..
    tinggal daftar, bayar.. jadilah saya mahasiswa ๐Ÿ˜€

    Ya, seandainya semua pendaftaran seperti itu, pasti dunia pendidikan akan jauh lebih baik…

  17. yo pingine aq gawe blog bow tapi saiki sik ospek aku ngerjakno tugas jam 12 malem iki tugas ospek yang kamu tahu sendirilah gimana,lek aq wis nganggur aku yo mesti pingin ngeblog masa kamu aja

    Podo Fin, aku malah terakhir kemarin tidur jam 2, bangun jam 4. Hanya 2 jam bro… Kalo masih bingung buat2 blog, tanya aja ke aku, niscaya akan dibantu… dengan sedikit biaya ๐Ÿ™‚

  18. tak tambahi blogmu ele…. eh apik lo jujur hehehe

    Udah.. ngaku aja yang jujur… apik opo elek… Aku ga marah kok… *sambil nodongin cutter* ๐Ÿ˜€

  19. kan ada tuh pameo : klo bisa dibuat susah, kenapa musti digampangin?
    ๐Ÿ™‚

    Walah… pameo seperti itu mah sama aja menjatuhkan kualitas SDM sendiri.. ๐Ÿ™‚ btw pameonya ga kebalik?

  20. mas saya juga kesulitan ini mw registrasi online masuk ke siakadnya gag bisa”

    padahal tgl 11 uda kudu daftar ulang aq

  21. registrasi online nya koq sulit buanged yaw masuknya???

    S’harusnya thu harus dibuat tiap fakultas biar gak ribet…

    truzz kalo masih blm bisa online gmn hayo?????

  22. mathguard’y qo ak coba g isa2 c???
    bgung ak jdinya..
    gmana nech??

    Telpon langsung ke UB aja mas..

  23. thanks infonya . bener bener bermanfaat ๐Ÿ˜ฅ
    ni aku prepare registrasi ulang di UB

    Lancar registrasinya?

  24. Boleh nanya?
    Tes kesehatan unt Maba di UB apa aj ya?
    Ap tes kesehatan mempengaruhi kelulusan?

    Tes kesehatannya banyak, ada tes mata, tinggi n berat badan, dll. tapi semua udah jadi satu di satu tempat mbak.. Nggak mempengaruhi kelulusan, tapi di tahun saya, itu merupakan syarat utk bisa masuk n daftar ke UB.

  25. knpa ya cari informasi soal pendaftaran mahasiswa di unibra sulit banget???

    biasanya di SMA-SMA sudah diinformasikan kok. Coba tanya aja langsung ke Guru Bimbingan Konselingnya

  26. agan2 yang disini… aku dr Brawijaya Lo,,, Fknyah… emang agak kecewa karena lebih mahal dengan universitas lain (sebut saja UNAIR).. tapi gak sampe 135 jt-400 kok… masih 19 jt..:) gini .. jangan mengeneralisasi……hehehe.. masalah web.. stuju…. sampe sekarang saya gak akses data saya di selma.. susah.. paswordnya juga lupa..:) ayoooo benahi… jangan hanya ngeluh aja…

    hhehe ini kan opini pribadi mbak.. utk biaya kedokteran itu, saya cuma menuliskan dari yang saya dengar, jadi gak mesti kebenarannya. ๐Ÿ™‚

  27. kak, mau nanya dong. Kalau rincian gaji orang tua buat yang spp proposional yang lewat mandiri berapa ya kak masing-masing levelnya? Kalau biaya kuliahnya ada tapi disitu nggak disebutin batas gaji orang tuanya. Makasih kak..

  28. kalo maba 2013, syaratnya sama ga kaya yang kaka post disini??

  29. kalo maba tahun ini syaratnya sama ga?

  30. mau tanya dong aku maba yg mau registrasi online cuma mathguard nya gagal terus,, gimana cara jawab mathguardnya yaaa ?


Leave a Reply

Categories

