Posted by: bowbee | September 26, 2008

Mudik dan Kerinduan

Pertama-tama aku mau mengucapkan selamat mudik bagi yang menjalankannya… Semoga para pemudik diberi kelancaran dalam mudiknya dan bisa kembali beraktivitas seperti biasa setelah aktivitas mudiknya berakhir…

Mudik… Hmm… bener-bener suatu acara di waktu lebaran yang fenomenal.. Dan menurut literatur yang aku baca, mudik tu jarang ada di negara lain. Mugkin cuman ada di Indonesia..? Di arab sendiri ga ada tu yang namanya mudik. Yah, karena orang di arab kebanyakan tinggal bersama ayah dan ibu mereka, bahkan setelah menikah.. Ya ga ada aturan baku juga sih kalo hari H kita harus sudah ada di rumah famili… Bener ga?

Hari ini, Jumat, temen-temen di kampus banyak yang mudik. Yah, emang kebanyakan temen-temen di kampus adalah perantau dari berbagai macam kota, jadi maklumlah… Ini juga kebanyakan merupakan mudik pertama mereka, soalnya mereka baru pindah ke Malang begitu masuk ke Universitas… Hmm… senangnya bertemu kembali dengan keluarga setelah mengalami perpisahan selama beberapa bulan… *ikut senang*

Hari ini, H minus lima lebaran
Banyak yang pulang, lepas kerinduan
Bersama teman-teman atau sendirian
Yang pasti utamakan keselamatan

Jalanan udah mulai ada yang macet
Pemudik ada yang pusing soalnya ruwet
Kereta api udah mulai pada rapet
Yang ga kuat desak-desakan ada yang pucet

Ga ada acara mudik, kutetap disini
Tanpa mereka hadapi rasa rindu dan sepi
Tapi karena adanya kecanggihan teknologi
Ku tetap bisa berhubungan, tanpa interupsi

Jaringan internet melambat, entah kenapa
Apa karena mudik, apa ada hubungannya?
Website apa aja, sulit sekali dibuka
Malah sering sama sekali ga bisa dibuka
—————————————-

Aku ga mudik. Ortu ibu ada di Malang, ortu ayah sudah tidak ada. Jadi aku bakal di Malang selama 2 minggu ini… Yah, mungkin aku akan belajar untuk mengejar ketinggalanku di mata pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia… Setelah 2 minggu libur langsung disambut oleh Ulangan Tengah Semester euy!!

Yah, aku kesepian ni… Teman-teman pulang kampung… Siapakah yang bisa kuajak menikmati jalanan kota Malang di 2 minggu liburan ini…?

Oh ya, ni aku sertakan juga dialog interaktif antara B dgn MOS soal mudik n kerinduan…

B & MOS Interactive Chat

MOS : Haduh… mudik tu lama banget yah.. 2 minggu…

B : Tergantung seh…

MOS : Ha? Maksudnya?

B : Tergantung faktor apa yang membuat kamu berfikir bahwa 2 minggu tu lama. Mungkin faktor kenyataan bahwa kamu ga mudik, ato faktor kamu menunggu sesuatu, atau seseorang…

MOS : Hmm… Ya… bener juga ya… Pasti bagi para mahasiswa yang mudik, 2 minggu tu sebentar banget…

B : Yup. Kamu harus tahu juga perasaan mereka. Udah lama ga ktemu orang tua, tentunya 2 minggu bersama famili tu kurang banget kan dibanding 1 semester yang harus mereka jalani?

MOS : Hoo.. sok bijak…

B : Jaaah… Dibilangin…

MOS : Hehe, bcanda-bcanda. Betul juga katamu B…

B : Ya makanya kamu juga harus bisa menahan kerinduanmu itu…

MOS : Lho? Lho? Kok tiba-tiba bicara masalah rindu se?

B : Udah ga usa kamu tutup-tutupi. Aku tahu kok…

MOS : …

B : Udahlah, toh temen-temen kamu juga ada yang masih di Malang kan? HAbisin aja waktu ma mereka. Kemajuan teknologi kan juga dah memungkinkan buat kamu untuk telpon dan SMS. Manfaatin…

MOS : … Umm …


B : Yang sabar… Kaya kamu ga bakal ketemu lagi aja…

MOS : Iya juga sih…

B : Kamu pikir deh, betapa senangnya dia disana, bersama familinya. Menurut kamu kesenangan yang dia alami itu, yang cuma bisa dialaminya 2 minggu tu lama?

MOS : Ya.. sebentar seh…

B : Iya kan? 2 minggu bagi dia tu sebentar… Biarkan dia menikmati itu. Kalo dia seneng, kamu harusnya ikut seneng dong… Coba kamu jadi dia, pasti ngerasa 2 minggu tu sebentaarr.. banget…

MOS : Iya ya.. Aku masih bisa SMS an…

B : Kamu bakal nulis apa di sms-sms kamu ke dia ntar?

MOS : Ya jelas ‘kangenn’, ‘Miss U’ dllnya lah…

B : Gila… Kalo kamu lakukan hal kaya gitu, rasanya aku kasihan deh ma dia…

MOS : Lha? Kenapa? Kan aku mengekspresikan kerinduan…

B : Gini ya, dia tuh lagi seneng disana, bertemu famili. Okelah, aku yakin kalo dia sayang ma kamu, dia juga ada rasa kangen ke kamu. Tapi kamu jangan sms2 buat ngungkapin kerinduan gitu dong, kasihan dia, ntar nambah beban pikiran…

MOS : Beban pikiran? Lho kok bisa?


B : Iyalah, sementara dia senang ada disana, dia juga ada beban dari kamu yang mengungkapkan hal-hal yang seolah ingin dia cepet kembali ke kota ini demi kamu.

MOS : Hoo… ya hal kaya gitu ada benernya sih… Tapi… Kalo gitu SMS tentang apa yang cocok aku kirim ke dia?

B : Ya, daripada SMS kangen, rindu ato sejenisnya, gimana kalo kamu kirim SMS yang menanyakan gimana keadaan kampung halaman dia, gimana keluarga dia, gimana perjalanan mudiknya, gimana masakan n sajian disana, dan lain-lainnya. Pokoknya hindarilah sms yang menjurus ke arah dirimu sendiri. Jangan sms bercerita tentang kamu, tentang kerinduanmu, kecuali dia yang mancing ato dia nanya…

MOS : Kamu emang bener-bener pinter nasehatin orang ya…

B : Ya… bukan nasehatin sih sebenarnya, tapi mengungkapkan pendapatku. Itu pendapatku pribadi soal masalahmu, yang menurutku baik…

MOS : Kamu sok bijak banget deh B…

B : Aku pergi nih…

MOS : Eits, bcanda, bcanda… Cara pandang kamu emang bisa menenangkan n bijak ya.. Emang cocok kamu menyandang nama ‘wise’.

B : Udah ga usah pake muji… Aku cuma berkata menurut pikiranku pribadi…

MOS : Hmm… ya… tapi itu berguna banget lho..

B : Ya udah, kamu yang semangat ya 2 minggu ini!

MOS : Oke deh, thanks B!


B : Sama-sama… Kalo kamu ada masalah jangan ragu untuk minta bantuan… Aku insya Allah selalu siap membantu…

MOS : Gayamu!

B : Lah emang kenyataannya gitu… Emang dari dulu kan aku selalu beri saran-saran gitu ke kamu, dan kamu juga hampir selalu ikutin saranku. Ya kan?

MOS: Ya… Iya sih… Oke de, thanks B!

B : Yupi…

MOS: Eh, bentar, kamu perhatian banget ke aku… Kmu jgn-jgn suka ma aku ya…

B : Gila… Aku ni laki-laki normal tahu!! Narsis banget sih… Kelainan ya kmu?

MOS : Haiah… Ga mungkinlah… Aku juga masi normal…

B : Ya udah jangan tanya aneh-aneh!!!

Responses

  1. Sama, aku udah ber-taun2 gak pernah ngerasain mudik, abis ortu udah gak ada, disini aja ngumpul sama sodara2

    Hmm… Senang ya bunda bisa ngumpul bareng sodara2 gitu. Aku juga kalo lebaran pergi ke rumah sodara2 jg.

  2. Wah, jadi ada yg kangen ya ditingalin mudik? He he he

    Iya. Biasalah bun… Namany juga orang lagi kena virus merah jambu… 😀

  3. huaaaaaaaaaaaa, :((, aq dah bertahun2 gak mudik,
    coz, ortu tinggal di pekanbaru, walau kami bkn asli org pknbru.
    aq rindu tanah jawa, but apa mau dikata THR dah abizzzzz, hehe

    Sabar mbak… Rindu tanah jawa ya.. Kalo aku kebalikannya.. malah rindu tanah Sumatra, tempat aku dulu dilahirkan, walau cuma numpang lahir… 😀

  4. bukannya banyak juga temen2 yg merantau yang pulang kampung ?? kalo di palembang sih gitu, lebaran banyak yang pulkam

    Iya mas, banyak… Di palembang juga banyak yang pulang kampung? Wah, kalo bawa oleh-oleh pempek palembang pasti tambah mantep tuh… 😀

  5. saya di surabaya ni….kalo lebaran biasanya ke sodara2 di sby juga…hehehehe…sby biasanya jadi sepiiiiiii…………………. malang sepi ga?

    Hoo… Surabaya sepi ya? Malang juga niy… Sama dong… Tapi kenapa jalur dari Malang ke Surabaya rame banget yahh… 😀

  6. huff untung cc ga merantau lagi.. jadi ga ada acara mudik2 panjang tahun ini.. paling nanti mudik beberapa jam ato mgk sehari ke kampung ortu buat nyekar ke makam kakek/nenek.. 😀

    Hmm.. alhamdulillah.. kita ga perlu repot ya cc… 😀

  7. aku gak bisa mudik.
    berat di ongkos.
    hikss…
    selamat hari raya idul fitri ya, bob?
    lebaran belajar?
    hebat!

    Ya mbak, selamat hari raya juga.. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim…
    Ya.. demi esok hari yang cerah, aku harus melakukannya… *cieh*

  8. hai bowbee..

    gw gak mudik nih..

    gak punya kampung..

    ahahaha

    Yep, kita adalah orang-orang yang gak mudik… Mari kita jaga rumah2 di sekitar kita… 😀

  9. waduh..aku juga ngga mudik nih…

    kasihan sekali kalo liburan masih harus belajar 😛

    tapi kok internet jadi lambat…mm apa semua pegawai provider internetnya pada mudik juga…mmm…waaaah

    Yip2, liburan aku gunakan buat belajar (saat-saat tertentu saja, ga setiap hari saja). Tapi ini sbenernya kesadaran sendiri seh… Abisnya agak ktinggalan ma tmen2 sekelas sih…
    Mengenai masalah internet, sekarang udah cepet lagi… Sip deh!

  10. wah kalau saya mudik mesti naik turun gunung!
    lama perjalanan 8 jam lebih!
    rindu sih emang!
    tapi ya mau bagaimana lagi!
    wkekekekeek!

    Waw, ati2 aja de trend, semoga selamat di perjalanan…

  11. lo sk bgt yah bkin puisi. foto jg udh oke bow, GEDE, ahahaha.
    btw, uts itu ujian tgh semester kn? bkn ulangan tengah smester???

    Yep, suka banget ik. Foto yang mana ni maksudnya? Kalo foto2 di tulisanku biasanya emg sengaja dibuat gede biar pembaca ga repot2 ‘klik untuk memperbesar’ seperti umumnya…

    UTS tu kdg disebut ujian tengah semester, kadang juga disebut ulangan tengah semester. Tapi intinya sama kan?

  12. aku ngakak baca dialog terakhirmu sama si MOS itu, bob.
    eh, si B emang wise banget yah?
    deeuu…

    *ctr+c dialognya, siapa tau bisa ikutan wise*

    (psst… baju lebaran udah berapa?)

    Hehe… iya, B emang kadang bisa wise banget.. *narsis mode:ON* 😀

    Baju lebaran.. satu. Yang ada malah aku beli 2 jaket baru… 😀

  13. Tuteh mengucapkan MET HARI RAYA IDUL FITRI yaaa! 😀 Maafkan semua kesalahan yang disengaja (yang nggak sengaja, biarin ajah) :p hehehe. Btw itu wish nomor 3 maksudnya aku suka nulis tapi susah jadi Penulis yang punya buku sendiri (bukan buku keroyokan) 😀 huekekeke

    Yip2, sama2 mbak tut… 😀
    Oh… jadi maksudnya pingin punya buku tu itu toh… Ya.. ya… Ayo mbak, usaha! Muga kesampaian cita-citanya…

  14. tau daerah Bululawang, Malang??

    seharusnya aku saiki sedang lelap tidur menikmati liburan mudik di sana. my grandma sedang menanti saya sekarang. tapi karena bokap ga punya mobil, sekarang saya hanya bisa menikmati kecamatan Bululawang hanya dari Atlas.

    Wah wah… Apa ga ada alternatif lain selain mobil? Train or Bus, maybe? Bululawang… Kayanya si emang itu salah satu titik mudik yang rame…

  15. *ter9op0H..
    duuchh..bee,da balik la9e neehh..
    yan9 pasti mudik tuch n9an9enin ajah..
    wat daku paling seru liat oran92 y9 pada mudik,lucu2 tun9kah polanya ju9a dandannya.aneh anhe heheh..pala9i bawaannya,wuuiii..bererot,sualna daku palin9 simple heheh..

    Selamat kembali ke dunia maya mbak… 😀
    Dandanannya? Emang orang mudik pake dandan kaya gimana mbak…?


Leave a Reply

Categories

