Posted by: bowbee | December 27, 2008

Introspeksi Diri…

introspeksi-pic-sml

Pada umumnya, seorang blogger yang telah cukup lama berhiatus, ketika ia mulai posting tulisannya lagi, ia akan menjelaskan alasan mengapa ia sempat berhenti. Itu jugalah yang akan kulakukan…

Oke, langsung to the point saja…
Alasan utama kenapa aku sempat hiatus adalah: MALAS

Aku gak akan buat-buat alasan untuk menutupi kemalasanku. Itulah alasan yang sebenarnya.

Ide-ide posting ada, kerangka penulisan ada, komputer ada, Internet ada, waktu luang ada, tapi satu hal yang menghalangi terbitnya postingku adalah rasa MALAS

Masa sih separah itu malasnya?

Percaya atau nggak, aku adalah anak yang sangat MALAS. Nggak akan terbayang hal separah apa yang bisa diakibatkan oleh kemalasan itu… Blog yang terbengkalai inipun benar-benar salah satu dampak dari kemalasanku.

Kemalasan itu selama ini membuat aku sering memilih untuk melakukan hal-hal yang paling aku senangi (yang terkadang kurang bermanfaat bila berlebihan) dibandingkan dengan hal-hal yang kurang aku senangi (namun sebenarnya sangat bermanfaat)

Satu contoh nyata adalah betapa seringnya aku memainkan video games dan menonton TV di masa SD hingga awal masa perkuliahanku. NES, Sega Mega Drive,  Playstation, Playstation 2, GB, GBC, Wonder Swan, GBA, Nintendo DS, Nintendo Wii, Online Games, PC games,  dan HP (Java Games) merupakan beberapa perangkat games yang pernah aku mainkan..

Oke, Game itu bermanfaat, tapi lebih bermanfaat mana, berlebihan dalam memainkannya dibandingkan dengan belajar materi Sekolah/kuliah yang belum/kurang kita pahami?

Satu contoh nyata lagi adalah aku hampir nggak pernah belajar. Ya. Aku jarang banget belajar. Bahkan ketika UNAS (Ujian Nasional) sekalipun, aku hanya belajar sedikit banget, itupun benar-benar ketika akan mendekati waktu UNAS…

Banyak contoh lain, namun rasanya 2 contoh diatas sudah cukup mewakili…

Aku sempat merasa rendah diri banget dan menganggap diriku adalah seorang procrastinator. Banyak ciri procrastination (Wikipedia membahas lengkap soal ini) yang ada pada diriku… Jujur hingga saat ini aku masih merasakannya…

Aku menulis seperti ini bukan karena ingin membicarakan kejelekan orang (aku sendiri), tapi aku menulis ini sebagai bahan introspeksi, sebagai suatu ‘shame’ aspects (aku kurang suka menerjemahkan kata ‘shame’ karena ke-ambigu-annya ) yang dapat menjadi suatu cermin yang akan membuatku lebih dapat menjaga rasa MALAS ini…

Dengan diterbitkannya postingan ini, sejak saat ini pulalah aku bertekad untuk berubah. I want to be a better Boby. Jauh dari rasa MALAS, away from procrastination, mampu selalu berusaha untuk kebaikan, giat belajar, bekerja keras dan banyak memperbaiki diri demi tercapainya cita-citaku di masa depan…

Amin…

Cita-cita di masa depan?

Ya. Hal itulah yang akhir-akhir ini mendorongku untuk berubah… Cita-citaku di masa depan adalah dapat bekerja di suatu perusahaan multi nasional, mendirikan restoran, mendirikan pabrik makanan, menjadi suami yang bisa diandalkan dan menjadi ayah yang bisa dibanggakan…

Yip-yip… Begitulah… Karena itu aku mohon dukungan serta doa dari sahabat-sahabat blogger semuanya agar aku bisa terus berpegang teguh pada niatan ini hingga akhirnya tercapailah cita-citaku…

Thanks!

———————————————————————————–

Ehm, rasanya agak malu juga posting tulisan ini…

Advertisements

Responses

  1. hem……
    semua org pasti punya kelemahan mas…..
    ayo sama2 berjuang dari kemalasan…..
    semangat…

    Yeah… Semua orang punya kelemahan…
    Mari kita sama2 berjuang!

  2. nah, sekarang sudah mulai berusaha menyembuhkan penyakit malas dan procrastinate ini sepertinya. bagus deh. malas-malasan memang asyik, sesekali perlu juga agar pikiran rileks dan mengistirahatkan tubuh. tapi kalau kelamaan dan keterusan tetap gak baik.

    ayo, bob. sekarang semangat! and welcome back, mate!

    Iya ni. Dah mulai berusaha menyembuhkannya… Semoga bisa terus merubah pola hidup ini ke arah yang lebih baik…
    Thank you mbak!

  3. sama aja yah bob, namanya juga manusia, penyakitnya emang malas…
    bosen ngeblog, istirahat. cape istirahat, ngeblog. hehe.

    Hehe.. 😀
    Cape istirahat, ngeblog??? Gimana tuh yang namanya cape istirahat? 🙂

  4. cemaan9aadd by.. 🙂

    Okay thx.. Mbak masih ngeblog?? Kok jd private blogny g bsa dibuka 😦

  5. Sifat malas memang penyakit yang sangat kronik dan sukar diubati.
    tapi jangan menyerah……terus berusaha!!!!

    sekarang semangat ya……

    Iy.. huhu makasih ya mbak…

  6. Met Idul Adha yaaa 😀 Yang rencana naik Haji, semoga terkabul di lain kesempatan. Banyak do’a, banyak berkah!

    Sip…! 🙂

  7. semestinya kita jadikan kelemahan itu sebagai vitamin yg akan membawa kesehatan bagi kita kedepan nya,…

    asik istilahnya… ‘vitamin’. 🙂
    Sip deh mass


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: