Posted by: bowbee | July 14, 2011

Hamster Bukan Tikus

Kenalin, ini Timmy, peliharaanku..

Iiiiiiiii ti.. tikuuuss….!!

Bukan.. Ni bukan tikus.. 

Ni namany Hamster, beda banget ma tikus..

Sama aja kaliii…

Bedaa…

Tikus ma Hamster tuh beda banget.. Banyak orang yang menggeneralisasi dan menyamakan karena mereka sama2 kecil, sama2 berkuping panjang, sama2 pengerat sama2 berkaki empat, dan sama2 lainny.. Tapi bener deh, tikus bukanlah hamster, dan hamster bukanlah tikus..

Perbedaan bisa dilihat dari berbagai macam hal..

-Hamster ekornya pendek, hampir gak ada.. Tikus ekornya panjang. Dari bentuk tubuh pun beda. Tikus lebih panjang n kurus.

-Hamster lebih lambat daripada tikus (ya.. beberapa hamster tertentu bisa lari cepet sih.. )

-Hamster suka kebersihan (suka bersih2 diri sendiri) dan suka tempat yang kering, tikus suka tempat kotor dan lembab. hamster disebut sebagai salah satu hewan paling bersih.. and I Do Agree.

– Dan beragam perbedaan lainnya diantara 2 makhluk kecil ini..

Ada lagi nih, dari segi pohon taksonomi (atau apa ya namany..)

Ini Pruina dan anaknya.. salah satu dr belasan hamster2 kesayanganku

Hamster termasuk dalam :
Kerajaan : Animalia (hewan)
Filum : Chordata (memiliki chorda)
Subfilum : Vertebrata (memiliki vertebra)
Kelas : Mammalia (menyusui)
Ordo : Rodentia (pengerat)
Famili : Cricetidae
Subfamili : Cricetinae
Genus : Phodopus (hamster)

Tikus termasuk dalam :
Kerajaan : Animalia (hewan)
Filum : Chordata (memiliki chorda)
Subfilum : Vertebrata (memiliki vertebra)
Kelas : Mammalia (menyusui)
Ordo : Rodentia (pengerat)
Famili : Muridae
Subfamili : Murinae
Genus : Rattus (tikus)

Sama2 pengerat, tapi mulai Famili ke bawah, tikus ma hamster udah beda.. Jadi hamster bukanlah tikus..

Dari segi intelegensia, aku kurang tahu.. tapi dari pengalaman menangani tikus dan juga memelihara hamster, sepertinya hamster lebih pinter dari tikus.. Kalo kita nyodorin tangan, hamster yg udah jinak akan langsung naik, ato mengendus2 tangan.. Kalo tikus.. langsung nggigit, ato lari.. (tapi gak tahu lg kalo tikusny udah terlatih..)

Selain itu, hamster bisa menghafal tempat ia buang air, bahkan bisa dilatih utk membuang kotorannya di bak pasir khusus. Kdg nggak perlu dilatih jg udah otomatis teratur buang air di pasir.. Kalo tikus, kayany sembarangan..

Para pecinta hamster jarang menyukai tikus.. Apalagi tikus got.. Aku sendiri kalo lagi maen ma hamster bisa lamaa banget.. Dielus, dipegang, dipijet2, dll dll.. tapi kalo udah liat tikus lewat.. apalagi tikus yg kumuh gtu.. Bisa berdiri diatas kursi ato meja deh.. Walau udah biasa digigit ma hamster, tapi sama tikus laboratorium aja aku masih agak jijik n takut digigit.. (aih.. buka aib )

Advertisements

Responses

  1. om om
    update jrang yah?

    Hehe iya…
    btw Ni sapa y, kok gak mninggalkan almat wb/email yg bisa dihubungi >.<

  2. hai bob, mampir nih aku. tadi beresin blogspot ku yang berantakan abis jualan. aku udh pindah ke tumblr. tapi sayang kalau blogspotnya diapus..

    ooowh pindah ke tumblr ya.. iya sih emg lebih simpel pke tumblr ya mbak… aku malah jarang bgt skrg blogging/blogwalking.. lebih sering maen di forum kaskus n FB aj..

  3. iya bukan tikus:p

    yup2 🙂

  4. Bener banget tuh , hamster tuh bukan tikus !!!! Hamster tuh lebih imut lucu nggemesin 😀 kalau tikus aiiissh dehh JOROK gak lucu lagii -_-

  5. lucu kayak cindil

  6. hamster bukan tikus tapi mirip aja he2x

  7. lucu banget peliharaannya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: